The Third Wave (Gelombang Ketiga)

Pada dasawarsa 80-an, futuris kondang Alvin Toffler meluncurkan buku berjudul “The Third Wave” atau “Gelombang Ketiga” yang menjelaskan fase-fase perubahan peradaban manusia dari era agraris, era industri konvensional, sampai era informasi pasca-industri. Buku inilah yang dibaca anak muda bernama Steve Case semasa ia menjadi mahasiswa. Steve Case kelak menunggangi Gelombang Ketiga Toffler dan akhirnya  membangun American Online (AOL) sebagai perusahaan yang bergerak di wilayah sangat baru yang disebut Internet. American Online, pada masa keemasannya menangani hampir separuh lalu lintas internet AS, perusahaan internet pertama yang IPO, dan perusahaan yang sahamnya paling baik sepanjang 1990-an.

 

Steve Case saat ini salah satu entrepreneur paling sukses di dunia—seorang pionir yang menjadikan internet sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari—membagi visinya tentang masa depan dengan judul buku yang sama seperti judul buku visioner Alvin Toffler. Hanya saja, Gelombang Ketiga versi Steve Case adalah gelombang didalam dunia digital sepenuhnya.

 

Steve Case menggunakan puluhan tahunnya mengawali pekerjaan sebagai entrepreneur dan investor untuk menjelaskan bagaimana kita sedang memasuki sebuah era baru, yang akan menjungkirbalikkan berbagai industri besar dan menciptakan masa kebangkitan di bidang kewirausahaan yang disebutnya  “Gelombang Ketiga” internet.

 

  • Gelombang Pertama adalah ketika AOL dan perusahaan lain membangun landasan bagi pelanggan untuk terhubung dengan internet.
  • Pada Gelombang Kedua, perusahaan seperti Google dan Facebook dibangun di internet untuk menciptakan kemampuan mencari dan berjejaring secara sosial, sementara app seperti Snapchat, Instagram, WhatsApp, dll. memanfaatkan revolusi ponsel pintar untuk menjadi kesuksesan dalam semalam.
  • Kini, menurut Case, kita sedang memasuki Gelombang Ketiga: periode ketika para entrepreneur akan menggunakan teknologi digital dan konektivitas untuk merevolusi sektor-sektor besar di “dunia nyata”—termasuk sistem kesehatan, pendidikan, makanan, dan sektor industri lainnya—yang akibatnya akan mengubah cara kita menjalani hidup. Gelombang ketiga adalah masa Internet Of Everything dimana semua lini kehidupan manusia terkoneksi lintas sektor sehingga interaktivitas antara personal semakin terkustomisasikan dan terjadi destandardisasi.

 

Buku ini sebagian riwayat diri, sebagian manifesto, sebagian panduan bagi masa depan, The Third Wave adalah bacaan penting bagi siapa pun yang ingin bertahan—dan sukses—di era digital yang berubah dengan cepat ini.

Sayangnya, buku ini hanya mengulas tiga sektor utama saja yaitu kesehatan, pendidikan, dan makanan. Steve Case tidak  menyoroti maupun mengevalusi sektor lainnya seperti transportasi , energi, manufaktur dengan industry 4.0, dan tentu saja e-government yang sudah berjalan selama satu dasawarsa terakhir.

 

Pujian bagi The Third Wave

 

“Di The Third Wave, Steve Case meramu peta perjalanan yang menarik untuk menuju masa depan—peta yang bisa membantu kita memahami perubahan teknologi yang mengubah ekonomi kita dan dunia. Bacaan yang menarik.” —Sheryl Sandberg, COO, Facebook, dan pendiri LeanIn.org

“Saya sudah menunggu-nunggu untuk membaca kisah Steve, dan saya tidak kecewa. Karier bisnisnya serupa dengan Horatio Alger dan mengandung pesan yang penting bagi semua entrepreneur.” —Warren Buffett, CEO, Berkshire Hathaway

“Dengan kejelasan dan antusiasme, Steve memberikan manifesto bagi masa depan inovasi dan kewirausahaan. Buku yang ditulis oleh pemimpin visioner ini harus dibaca oleh para entrepreneur, pimpinan korporat, dan siapa pun yang ingin sukses di Gelombang Ketiga.” —Jeff Immelt, Direktur dan CEO, GE

“The Third Wave adalah bacaan yang penting bagi setiap pimpinan bisnis dan pemerintahan, serta bagi siapa pun yang berusaha memahami dunia kita yang berubah dengan pesat. Saya sudah bekerja sama dengan Steve selama dua dekade, dan saya selalu terkesan dengan kecerdasannya dan tertarik dengan sudut pandangnya. Anda juga akan begitu jika membaca buku ini.” —Jenderal Colin Powell, mantan Menteri Luar Negeri AS (dan mantan anggota direksi AOL)

“Steve Case membuat sejarah saat mendirikan America Online dan memperkenalkan internet kepada dunia. Kisah startup milik Steve amat memukau dan sarat pembelajaran yang penting. Tetapi buku ini bukan tentang masa lalu—ini adalah visi masa depan yang berani dan menarik. The Third Wave harus dibaca oleh semua entrepreneur.” —Brad Feld, salah satu pendiri, Techstars and Foundry Group, serta penulis Startup Life

“The Third Wave adalah buku yang sangat diperlukan untuk memahami sejarah internet dan bersiap untuk yang muncul selanjutnya. Entrepreneur yang hendak membangun bisnis yang membawa perubahan, harus menyimak benar saran yang amat berguna dari Steve Case.” —Brian Chesky, salah satu pendiri dan CEO, Airbnb

“Visioner sejati, Steve Case bertahun-tahun lalu memahami pergeseran tektonis yang akan terjadi di masyarakat. Buku Case, The Third Wave, menjelaskan kepada para pemimpin, keputusan apa yang diperlukan untuk bertahan di masa depan yang semakin kacau.” —Alvin dan Heidi Toffler, penulis The Third Wave (1980) yang asli

oOOo

Penerbit : Elexmedia Komputindo

Harga: Rp82.800
Terbit: Senin, 5 Juni 2017
Halaman: 272
Warna: Satu Warna
Kertas: book paper 60
Dimensi: 14 X 21 cm

by @tm