Peluncuran JAWAH (JAWARAH), Jaringan Wartawan Anti Hoax di Istana Wapres

Bertempat di Istana Wakil Presiden, telah diluncurkan Jaringan Wartawan Anti Hoax atau JAWARAH (JAWAH) pada Hari  Jum’at tanggal 28/4/2017.

JAWAH adalah gerakan yg dibuat oleh PWI (PERSATUAN WARTAWAN INDOENSIA), dan ini didukung aplikasi mobile yg menjadi tempat wartawan dan prominent persons baik di pusat maupun daerah, dalam berbagi informasi khususnya terkait info yg disputed. Dengan JAWAH ini, diharapkan media mainstream bisa menghindari penyebaran berita yg mengandung hoax.

Jawarah diresmikan di Istana Wakil Presiden, sumber Facebook Ismail Fahmi
Jawarah diresmikan di Istana Wakil Presiden, sumber Facebook Ismail Fahmi

Hoax biasanya akan naik berlipat-lipat tingkat trusted-nya jika diangkat oleh media. Itu harus dihindari.

sumber : Facebook Ismail Fahmi
sumber : Facebook Ismail Fahmi

Wapres JK mengusulkan agar nama JAWAH diganti jadi JAWARAH, agar ada unsur heroiknya, jawara, dalam melawan kebatilan. Dan secara aklamasi langsung disetujui oleh hadirin.

Cimol ITB

Sebelum ketua PWI memberi sambutan, saya sempat beri masukan tentang mesin yg bisa membantu menganalisa apakah sebuah informasi itu hoax atau fakta. Namanya CIMOL, yg beberapa hari lalu juara 1 di tingkat ASEAN.

Ternyata langsung disambut dan ditangkap oleh pak Margiono ketua PWI. JAWARAH nanti akan kerjasama dengan Cimol. Kerja manusia di JAWARAH nanti akan ditandem dengan kerja mesin, untuk melawan hoax.

Semoga dengan bergabungnya wartawan dalam jaringan ini bisa berkontribusi penting dalam meredam hoax di media.

Dikutip dari Facebook Ismail Fahmi, pembuat Drone Emprit