Aksi Bela Palestina di Monas Jakarta di Hadiri Tokoh-tokoh Nasional

Umat muslim Indonesia menggelar Aksi Bela Palestina untuk menyuarakan protes terhadap pengakuan Presiden AS Donald Trump bahwa Yerusalem merupakan Ibu Kota Israel.

Aksi ini dihadiri juga oleh berbagai masa dan golongan termasuk tokoh-tokoh nasional , politikus, maupun budayawan. Salah satunya adalah sultan Sepuh Kasepuhan PRA Arief Natadiningrat yang menghadiri Aksi Bela Palestina sejak subuh hari ini.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengikuti Aksi Bela Palestina 1712 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat. Keduanya datang sekitar pukul 06.45 WIB.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Ma’ruf Amin, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault saat ini juga sudah hadir di tengah-tengah massa.

PRA Arief Natadiningrat

Sebelumnya bersama massa sudah hadir Wakil Ketua Front Pembela Islam Jafar Sidiq, Wakil Sekjen Majelis Ulama Indonesia yang juga Wakil Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Zaitun Rasmin dan Ketua Presidium Alumni 212 Slamet Maarif.

 

Rupanya aksi ini juga memantik umat muslim dari negeri jiran untuk ikut aksi di Jakarta. Mereka datang dan ikut aksi murni karena mempunyai keprihatinan yang sama untuk membela Palestina.

“Ya mereka memang menyampaikan kalau memang mau datang dan ikut aksi. Kita mempersilakan saja, karena isu Palestina bukan isu Indonesia saja, tapi juga isu internasional. Selain Brunei, ada juga dari Malaysia, temen-temen yang aktif di masjid, di kajian ngasih informasi mau ke Jakarta,” kata Ketua Komisi Dakwah MUI KH Cholil Nafis saat dihubungi Sabtu (16/12/2017).

“Kita mempersilakan mereka yang punya keprihatinan yang sama untuk Palestina bergabung besok. Asal menjaga ketertiban,” pesan Cholil.

Cholil menambahkan pihaknya tidak mengetahui ada berapa rombongan umat muslim dari negeri jiran tersebut yang akan ikut aksi. “Komunitas, masyarakat biasa, yang prihatin terhadap Palestina. Mereka tidak menyebutkan jumlah hanya cerita temen-temen mau hadir (aksi),” jelasnya.

Aksi bela Palestina ini akan dimulai dengan salat subuh berjemaah di Masjid Istiqlal. Aksi itu akan dilanjutkan dengan penyampaian aspirasi di Taman Pandang, seberang Istana Merdeka.

“Resminya pukul 06.00 WIB kita pastikan sebelum zuhur sudah selesai. Besok akan diisi zikir, tausiah, asmaul husna, ada baca puisi, ada nasyid yang semuanya membela terhadap Palestina, menolak terhadap penetapan Yerusalem sebagai ibu kota Israel, menolak pemindahan Kedubes AS ke Yerusalem,” urai Cholil.

Massa aksi Bela Palestina atau Aksi 1712 mulai berdatangan ke Monas, Jakarta Pusat. Mereka juga mulai mengibarkan bendera Palestina. Sejak pukul 05.08 WIB, Minggu (17/12/2017), massa berkumpul di depan panggung yang telah disiapkan. Mereka kebanyakan mengenakan pakaian putih dan menggunakan atribut masing-masing.

Sementara itu, sejumlah peserta aksi juga telah berada di atas panggung. Sesekali mereka memberikan arahan kepada massa aksi lainnya.

Aa Gym

Kegiatan dibuka dengan pembacaan surat Al-Fatihah. Sejumlah pria berbadan tegap dan berseragam putih-putih melakukan pengamanan di sekitar panggung.

Sebelumnya, massa aksi telah menunaikan salat subuh berjemaah di Masjid Istiqlal. Massa aksi datang dari berbagai daerah.

Aksi bela Palestina ini akan dimulai dengan salat subuh berjemaah di Masjid Istiqlal, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian aspirasi di Taman Pandang, seberang Istana Merdeka. Ketua Komisi Dakwah MUI KH Cholil Nafis menargetkan acara itu selesai sebelum zuhur atau sekitar pukul 12.00 WIB.

 

“Resminya pukul 06.00 WIB kita pastikan sebelum zuhur sudah selesai. Besok akan diisi zikir, tausiah, asmaul husna, ada baca puisi, ada nasyid yang semuanya membela terhadap Palestina, menolak terhadap penetapan Yerusalem sebagai ibu kota Israel, menolak pemindahan Kedubes AS ke Yerusalem,” urai Ketua Komisi Dakwah MUI KH Cholil Nafis, Sabtu (16/12).

Massa siang nanti rencananya akan menggelar demo di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat yang tak jauh dari Monas. Masa akan menuntut Presiden AS Donald Trump untuk mencabut kebijakannya terkait pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Aksi ini juga ingin mendukung kemerdekaan Palestina sesuai resolusi PBB.

Saat ini massa terus berdatangan ke Monas.Berdasarkan pantauan, sebagian besar mereka yang hadir membawa bendera Palestina dan bendera ormas. Banyak peserta aksi yang juga membawa serta keluarganya.

Beberapa jepretan foto aksi bela palestina 17/12/2017 dari berbagai sumber di FB dan medsos.

berbagai sumber